Eksklusif:  TTI dan TRD Indonesia Siap Ramaikan Kejurnas Speed Off-Road 2018 Eksklusif:  TTI dan TRD Indonesia Siap Ramaikan Kejurnas Speed Off-Road 2018
Masih dalam rangkaian perayaan ulang tahun yang ke-5 TRD Indonesia kembali menunjukkan keseriusannya untuk meramaikan balap trek tanah di Indonesia. Tak tanggung-tanggung Toshio Obara... Eksklusif:  TTI dan TRD Indonesia Siap Ramaikan Kejurnas Speed Off-Road 2018

testtrd14

Masih dalam rangkaian perayaan ulang tahun yang ke-5 TRD Indonesia kembali menunjukkan keseriusannya untuk meramaikan balap trek tanah di Indonesia. Tak tanggung-tanggung Toshio Obara – Presdir TRD Indonesia mengundang Takuma Aoki dan juga Ikuo Hanawa datang ke Indonesia lengkap dengan kendaraan andalannya. “TRD Indonesia sudah mampu merajai Sirkuit Sentul. Sekarang saatnya menjajagi serius dunia speed off-road Indonesia,” kata Toshio Obara.

testtrd18

testtrd6

“Sebenarnya kami ingin menjajal kedua mobil TRD Indonesia – TTI di trek speed off-road Paramount. Sayang jadwal final kejurnas speed off-roadnya bergeser mundur. Sehabis dipakai event saya dengar kabar treknya sudah tak bisa dipakai lagi,” kata Memet Djumhana – petinggi Toyota Team Indonesia (TTI) yang jadi patner TRD Indonesia dalam mengembangkan dunia balap tanah air. Terpaksa Pak Memet pun mencari alternatif pengganti lain di daerah Hambalang Sentul. Hari Jumat (25/11) pun dipilih untuk menjajal kontur tanah di Indonesia.

testtrd11-(ok)

TRD1(ok)

Ngomong-ngomong siapakah tamu yang diundang oleh Toshio Obara? Pembaca setia goffroad.com pasti ingat dengan Takuma Aoki – mantan rider GP500 yang dipercaya jadi driver Toyota Fortuner TRD Indonesia – TTI di ajang Asia Cross Country Rally 2017 (AXCR) beberapa bulan lalu di Thailand. Meskipun kedua kakinya lumpuh akibat kecelakaan toh tak menyurutkan semangat Aoki untuk bisa mengemudikan Toyota Fortuner di ajang speed rally. “Biarpun kedua kaki tak berfungsi, tapi kedua tanganku kan masih ada. Jadi aku yakin tetap bisa menyetir mobil,” kata Aoki. Lewat sedikit modifikasi pada Toyota Fortuner TRD Indonesia – TTI, tangan kiri Aoki berfungsi sebagai pengganti kaki (untuk menginjak pedal gas dan rem). Sedangkan tangan kanan untuk memegang stir. Untuk perpindahan gigi transmisi tak perlu pusing karena SUV bikinan Toyota ini memakai transmisi matik bawaan pabrik yang sudah dimodifikasi.

testtrd17(ok)

“Nyali dan skill nya luar biasa. Naik tanjakan maupun lewat trek off-road di sini,  Aoki nyetirnya tanpa ragu dan berani ngebut,” kata Alinka Hardianti – driver andalan TTI di arena balap mobil sirkuit yang ikut merasakan jadi co-driver Aoki saat ujicoba di daerah Hambalang Sentul. Aoki bilang meskipun treknya terasa sempit tapi pemandangannya indah. Dan yang pasti dia merasa percaya diri jika Toyota Fortuner 2.8L yang dikemudikannya akan makin kompetitif. Menurutnya karakter tanah di Indonesia dan suhu udaranya tak berbeda jauh dengan di Thailand. “Saya berharap di Indonesia juga ada event speed rally seperti AXCR di Thailand,” kata Aoki. Wah… setuju!

testtrd12

testtrd2

Sementara nama Ikuo Hanawa di dunia otomotif Jepang juga sudah sangat terkenal. Apalagi selain jadi driver, Ikuo Hanawa juga seorang pemodifikator andal. Hampir semua kendaraan tim TRD yang berlaga di AXCR 2017 adalah berkat sentuhan dingin pria ramah ini. “Selain Toyota All New Fortuner TRD Indonesia – TTI, 2 Toyota Hilux VNTurbo yang dipakai tim TRD Thailand juga hasil modifikasi saya,” kata Hanawa. Kali ini secara special ia membawa buggy single seater yang dinamainya ‘Gundam’ – tokoh komik robot Jepang. Gundam yang dibawanya ternyata sudah menorehkan berbagai prestasi. Menurut Ikuo Hanawa sudah 10 kali ia ikut Baja1000 di Amerika Serikat. “Posisi terbaikku masuk 10 besar Class 1 Buggy,” imbuh Hanawa. Desain buggy single seater ini cukup unik, mesin Toyota V8 4,7L berada di belakang. Sedangkan girboksnya langsung menyatu ke gardan independen belakang. Tak seperti kebanyakan mobil off-road yang memiliki kopel depan – belakang, Gundam kopelnya hanya ke gardan independent depan. Lantaran yang di belakang gardannya sudah menyatu dengan transmisi 4×4 full time bawaan Toyota Lexus.

testtrd23

Memakai girboks matik yang bisa dioperasikan secara sequential 4 percepatan, Gundam mampu melahap trek Baja1000 yang berjarak ratusan kilo meter dengan kontur beragam. “Tenaganya memang hanya 400 hp, tapi aku merasa cukup karena mobil ini punya daya tahan di jarak jauh,” kata Hanawa. Eh, Ikuo Hanawa dan Toshio Obara memberi kesempatan pada goffroad.com untuk menyetir sendiri dan merasakan performa Gundam (baca artikel “Have Fun with Gundam” dan juga simak videonya di channel youtube Goffroad Indonesiaa. Yang belum subscripe jangan lupa subscripe yaa…).

testtrd19

Dalam obrolan santai ketika usai menjajal dua kendaraan andalan TRD Indonesia – TTI, Masataka Hori – mekanik andalan TRD Indonesia – TTI juga menyatakan kesiapannya. “Tahun lalu di balap touring kami masih banyak belajar. Tahun ini TRD Indonesia – TTI bisa juara. Saya berharap demikian juga di speed off-road. Saya yakin Toyota dan TRD bisa membuat mesin yang tangguh dan bertenaga,” kata Hori San. “Terus terang biaya ikut speed off-road Indonesia cukup mahal makanya TRD Indonesia – TTI akan memulainya secara bertahap. Karena Mr. Obara mendukung penuh, TTI siap meramaikan lagi speed off-road Indonesia 2018 nanti. Semoga pabrikan lain juga menyusul langkah TTI,” kata Memet Djumhana. Asyiik… akan ada TTI lagi di trek speed off-road nih! Soal siapa yang akan dipercaya jadi driver TTI di arena off-road, Pak Memet menjawab diplomatis,” Belum ditentukan. Sabaar… Hehehehe. Saat ini lagi berkonsentrasi mempersiapkan kendaraannya dulu.” Pada kesempatan itu Toshio Obara juga menitipkan pesan secara khusus untuk IMI. “Tolong jadwal Kejurnas Speed Off-Road 2018 jangan sering bergeser seperti Kejurnas Speed Off-Road 2017. Karena itu menyulitkan tim. Jadwal Mr. Hanawa dan Mr. Aoki sangat padat di 2018. Sehingga agak susah kalau tanggal pelaksanaan event berubah-ubah,” kata Obara. Siap segera disampaikan ke IMI Obara San!

testtrd21

Salam #goffroad

 

 

Tunggul Birawa Editor In chief