5th Anniversary TRD Indonesia : Makin Bertaji Siap Naik Satu Step Lagi 5th Anniversary TRD Indonesia : Makin Bertaji Siap Naik Satu Step Lagi
Tak terasa usia PT Toyota Racing Development (TRD) Indonesia memasuki 5 tahun dalam berkiprah di industri otomotif tanah air. Sebuah usia yang boleh dibilang... 5th Anniversary TRD Indonesia : Makin Bertaji Siap Naik Satu Step Lagi

trdoke5
Tak terasa usia PT Toyota Racing Development (TRD) Indonesia memasuki 5 tahun dalam berkiprah di industri otomotif tanah air. Sebuah usia yang boleh dibilang mulai mapan untuk sebuah perusahaan. Seperti yang dilansir dari situs resmi Toyota, TRD dikembangkan oleh Toyota Technocraft Co. Ltd. Makanya Toyota memegang lisensi penuh dan juga merupakan produsen dari suku cadang serta aksesoris TRD itu sendiri.

trdoke7

Sejak pertama kali didirikan, TRD memang ditujukan untuk mengembangkan dan juga memasarkan suku cadang khusus untuk mobil balap berbasis Toyota. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, TRD juga mulai fokus pada suku cadang dan aksesoris khusus untuk mobil versi standar keluaran Toyota. Varian seperti Fortuner TRD Sportivo, New Rush TRD Sportivo dan sebagainya adalah beberapa contoh mobil yang dijual dengan tambahan aksesori buatan TRD Indonesia.

trdoke8

Bukan hanya di Asia saja namun TRD juga merambah dunia otomotif di Amerika Serikat. Untuk wilayah Asia, TRD banyak berkonsentrasi di arena balap mobil di sirkuit. Sementara di Amerika Serikat hampir semua balap mobil TRD ikut berpartisipasi. Termasuk di ajang off road racing seperti Lucas Oil Off Road Racing Series. Karena berada di wilayah Asia tak heran jika di Indonesia kiprah TRD memang lebih dikenal di dunia balap mobil (touring car) yang kerap digelar di sirkuit Sentul. Ataupun di event slalom dan juga drifting. Dimana kebanyakan mobil yang digunakan berupa sedan 2WD. “Kami bekerjasama dengan Toyota Team Indonesia (TTI) untuk ikut memajukan dunia motorsport Indonesia,” kata Toshio Obara, President Direktur TRD Indonesia yang juga salah satu pioner rumah modifikasi resmi milik Toyota di tanah air ini.

Menurut Memet Djumhana, TTI memang secara khusus berkolaborasi dengan TRD Indonesia ketika mengikuti berbagai event balap mobil. Terutama dalam mendevelop mobil agar menjadi tunggangan yang tangguh. “Tahun ini berkat support penuh dari TRD Indonesia, TTI berhasil menyapu bersih gelar juara balap mobil maupun slalom. Kado ulang tahun ke-5 untuk TRD Indonesia,” kata Pak Memet – sapaan akrab Memet Djumhana.

trdoke6

trdoke2
Perayaan Ultah ke-5 TRD Indonesia sendiri diselenggarakan hari Rabu (22/11) lalu di Pullman Central Park – Jakarta. Acara yang dikemas dalam jamuan makan malam dihadiri para petinggi Toyota Astra Motor (TAM) dan juga Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Diantaranya Warih Andang Tjahjono – Presdir TMMIN serta Yoshihiro Nakata – Presdir TAM.

trdoke1

trdoke4
Kemeriahan perayaan ultah TRD Indonesia ternyata juga dihadiri Takuma Aoki – driver asal Jepang penjinak Toyota All New Fortuner dalam Asia Cross Country Rally 2017 (AXCR) di Thailand beberapa bulan lalu. Serta tak lupa para pebalap TTI yang berlaga di balap Touring Car Sentul dan juga kompetisi slalom dan drifting. Seperti Hari Dharma dan juga Alinka.

tti

Sebenarnya 2 tahun silam ketika dibuka kelas D-Cabin di kompetisi Indonesia Xtreme Off-Road Racing (IXOR), TTI dan TRD Indonesia sudah melakukan penjajagan dan turun di event adu kebut trek tanah ini. Pada waktu itu ada 2 buah Toyota Hilux VNT yang dikembangkan. Kebetulan penulis menjadi salah satu navigator Toyota Hilux yang dikemudikan A. Hariono. Sayang kelas D-Cabin tak berkembang sehingga TTI dan TRD Indonesia pun kembali berkonsentrasi di balap sirkuit dan slalom. Namun keikutsertaan TRD Indonesia dan TTI di ajang AXCR 2017 seolah menjadi penanda bahwa keduanya siap berkiprah kembali ke trek off-road. Tak hanya itu, “Mr. Obara memang menginginkan TRD Indonesia dan TTI bisa berkiprah lebih banyak di dunia motorsport internasional,” tutup Pak Memet. Mantap!

Salam #goffroad

Leg2-1

Tunggul Birawa Editor In chief