Ini Cerita dan Penampakan Land Rover Defender Sebelum Dinaiki Jokowi Ini Cerita dan Penampakan Land Rover Defender Sebelum Dinaiki Jokowi
Kemaren (3/11/2017) Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (becakayu) ruas Jaka Sampurna – Cawang. Ada yang menarik dan langsung... Ini Cerita dan Penampakan Land Rover Defender Sebelum Dinaiki Jokowi

foto5

Kemaren (3/11/2017) Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (becakayu) ruas Jaka Sampurna – Cawang. Ada yang menarik dan langsung menjadi omongan di social media. Tak lain adalah karena saat usai meresmikan, Jokowi menyusuri jalan tol tadi dengan sebuah Land Rover Defender County / 110 Petrol 2.5 liter.

Banyak netizen yang penasaran dengan mobil ini. Beruntung goffroad.com kenal baik dengan pemilik bengkel yang merestorasi mobil ini. Ternyata sebelum dipakai Jokowi mobil ini dibuat apik dan resik di bengkel Casablanca Land Rover yang digawangi Om Don Dwiko. Oh ya mobil ini juga dirawat Bro Iwan Stratocaster. Jadi bisa dikatakan mereka berdualah yang tahu detail mobil ini.

“Saat datang ke bengkel mobil ini ada karat di banyak bagian sehingga harus dikerok habis sampai tinggal aluminium,” cerita Bro Dwiko. Wajar juga sih karena mobil ini sudah berumur 28 tahun.  Konsep yang diusung memang membuat kembali ke tampilan originalnya. Bahkan untuk cat juga menggunakan cat asli Land Rover.

foto4

Dwiko mengakui bahwa untuk melengkapi body parts memang rada susah. “Biasanya hunting atau beli di jungkyard Malaysia,” tambahnya. Karena ada proses pencarian bodi parts yang susah tadi maka mobil ini memerlukan waktu hingga 3 bulan untuk tampil keren seperti sekarang.

Diusahakan tetap menggunakan produk asli tapi di bagian kaki-kaki ada sedikit perubahan. Ada pergantian per keong dan penggunaan shockbreker Terrafirma. Itu karena bawaan aslinya sudah rusak.

Saat dikonfirmasi berapa total biaya ubahan ini Dwiko mengaku lupa. “Kira-kira 200 jutaan deh,” ungkapnya. Biaya itu untuk pengerjaan body parts, pengecatan, interior, electrical dan lainnya.

foto3

Saat ditanya bagaimana rasanya mobil keluaran bengkelnya dipakai Pak Presiden, Dwiko mengaku tersanjung. “Tapi kalau mengenai tampilan mobil ya itulah standar hasil keluaran bengkel gue,” ceritanya bersemangat.

Nah bagi yang ingin merestorasi Land Rover, bengkel Dwiko ini bolehlah dijadikan pilihan. Bengkel ini beralamat di Jl Pondok Gede, No 28, Pinang Ranti, Jakarta Timur. Bisa kontak juga di 0878-8827-0355.

Salam #goffroad

FOTO: DOKUMENTASI ISTANA & PRIBADI

foto2

nurfil aiman Managing Editor