Menjelang IOX Celebes 2017, Jelajah Hutan Perawan Sulawesi Menuju Center Of Indonesia Menjelang IOX Celebes 2017, Jelajah Hutan Perawan Sulawesi Menuju Center Of Indonesia
Tak lama lagi tepatnya 7 sampai 21 Oktober 2017, IOX (Indonesia Offroad Expedition) kembali melakukan sebuah ekspedisi panjang. Kali ini tujuannya memasuki hutan perawan... Menjelang IOX Celebes 2017, Jelajah Hutan Perawan Sulawesi Menuju Center Of Indonesia

menjelang6

Tak lama lagi tepatnya 7 sampai 21 Oktober 2017, IOX (Indonesia Offroad Expedition) kembali melakukan sebuah ekspedisi panjang. Kali ini tujuannya memasuki hutan perawan di pulau Sulawesi. Kegiatan ini merupakan event rutin IOX setiap tahunnya. Ini merupakan main event atau puncak acara setelah sebelumnya dilakukan beberapa kali evet pendukung dan seleksi.

Menurut Yuri Kusweri, salah seorang pengurus IOX sajian menu trek yang akan dihadapi peserta kali ini sangat menarik. “Banyak spot-spot indah yang akan kita lalui,” ungkapnya. Start akan dimulai dari Kendari (Sulawesi Tenggara) dan finish di Makassar (Sulawesi Selatan).

menjelang5

Siapakah peserta IOX tahun ini? Untuk urusan peserta boleh dikatakan IOX punya aturan yang cukup ketat. Hanya para alumni IOX yang finish event tahun-tahun sebelumnya dan mereka yang lolos seleksi yang boleh ikutan. Untuk tahun ini, tiap mobil membayar uang pendaftaran Rp 15 juta untuk 2 orang.

Menurut data terakhir jumlah peserta mobil sudah mencapai 76 mobil dan motor 50. Memang IOX selalu diikuti mobil dan motor-motor dirt bike. Jalur mobil dan motor tak selalu sama tapi di beberapa titik ada base camp bersama.

menjelang1

Tiap peserta IOX Celebes 2017 dibagi dalam tim-tim. Setiap tim minimal terdiri dari 3 mobil dan maksimal 5 mobil. Pembagian tim ini supaya lebih mudah koordinasi dan saling bantu ketika ada masalah di dalam trek.

Konsep enjoy sepertinya menjadi salah satu point dalam perjalanan IOX ini. Hal ini bisa dilihat bahwa setiap mobil diharapkan membawa perbekalan yang cukup. Sehingga tidak akan kekurangan logistic. Perjalanan pun akan berhenti jika sudah memasuki jam 5 sore. Setiap peserta diminta mendirikan tenda jika sudah sore. Jadi tidak dipaksa jalan di malam hari.

Salah satu destinasi wajib yang akan mereka lalui adalah titik center of Indonesia. Ini adalah titik yang belum banyak diketahui. Lokasi persisnya yaitu di desa Umpungeng, kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Titik pusat Indonesia ini wajib didatangi peserta IOX Celebes dan ada point bagi mereka yang menunjukkan foto sebagai bukti sudah singgah ke lokasi ini.

menjelang4

Untuk melihat dan mengecek kesiapan peserta, maka pada 16-17 September nanti akan dilakukan skrut dan pelatihan di Jakarta. Seluruh kesiapan mobil dan peserta dipastikan saat skrut ini. Nantinya akan ada skrut lagi jika sudah di Kendari.

Saat ini semua peserta sedang ‘ngebut’ menyiapkan mobil-mobilnya. Panitia IOX Celebes juga tengah melaksanakan lomba foto tentang persiapan ini. Para peserta diminta memposting persiapan mereka di fanpage IOX. Ada hadiah menarik buat pemenang ini.

Rasanya semakin tak sabar mengikuti perkembangan event akbar ini. www.goffroad.com akan terus mengabarkan kegiatan IOX Celebes 2017.

Salam #goffroad.

menjelang3

nurfil aiman Managing Editor