AXCR 2017: Terganjal Batu Besar dan Kubangan Lumpur AXCR 2017: Terganjal Batu Besar dan Kubangan Lumpur
Perjalanan Toyota New Fortuner milik TRD Indonesia – TTI sampai sebelum start SS 5 yang menempuh rute dari Bung Sam Phan – Pak Chong... AXCR 2017: Terganjal Batu Besar dan Kubangan Lumpur

banner live2

Leg5Auto14

Perjalanan Toyota New Fortuner milik TRD Indonesia – TTI sampai sebelum start SS 5 yang menempuh rute dari Bung Sam Phan – Pak Chong sejauh 239,83 Km nyaris tak memiliki kendala berarti. Paddock tim Takuma-GP nyaris tak pernah ada pekerjaan berat seperti halnya tim-tim yang lain. “Biasanya kami hanya melakukan pengecekan rutin dan membersihkan mobil,” kata Yujiro Nakano – manajer Tim Takuma – GP. “Toyota New Fortuner ini performanya terbukti tangguh. Sampai saat ini saya belum pernah mengalami kendala berarti dan mobil selalu siap diajak bertempur,” kata Takuma Aoki – driver andalan yang jadi penjinak Toyota New Fortuner.

Leg5Auto2

Leg5Auto5

Cuaca ketika SS5 dimulai cukup cerah. Sinar matahari tetap terasa terik. Walapun sebenarnya awan mendung sempat terlihat. Tapi ternyata tak sampai menyebabkan hujan turun. Malah sinar matahari terang benderang dan bikin kulit menghitam. Jadi jangan kaget kalau Saya dan Agung saat kembali ke Jakarta jadi lebih gelap warna kulit kami. Hehehehe…

Leg5Auto10

Kondisi trek akibat hujan semalaman ternyata sesuai prediksi bikin peserta karena akan ketemu lebih banyak lumpur dan batu-batuan. “SS5 rasanya bakal agak berat. Hujan turun bikin tanah lembek dan gampang berubah jadi lumpur. Saya akan berusaha melewati semuanya tanpa harus mengeluarkan winch,” kata Takuma.

Dan benar saja perkiraan panitia maupun peserta AXCR 2017.  Rute SS5 mungkin jadi yang paling menantang di bandingkan SS sebelumnya. Malah ada salah satu rute yang mestinya melewati sungai dan jadi spot foto untuk para jurnalis dibatalkan dan digeser. Alasannya karena arus sungainya lumayan deras dan air nya makin dalam. Celakanya susah payah saya dan Agung mencapai lokasi itu karena komunikasi dengan driver kurang baik, maklum press driver car 310 – Chaiwat Seehawong  yang selalu mengantar kami berdua tak bisa bahasa Inggris.

Leg5Auto4

Kami sempat berputar-putar sebelum sampai lokasi. Namun sampai lokasi baru diberitahu dari rekan sesama press driver yang mengantar jurnalis dari Jepang jika trek ini hanya untuk peserta Moto (R2). Sedangkan yang Auto (R4) rutenya diubah langsung menuju main road (jalan utama). Hadeuhhh… terpaksa kami berdua harus terburu-buru mengejar spot foto lain yang jumlahnya memang tidak banyak.

Leg5Auto7

Leg5Auto8

Toyota New Fortuner TRD Indonesia – TTI yang dikemudikan Takuma Aoki untuk pertama kalinya mengalami kendala. “SS5 di bagian awal kami mengendarai dengan bagus. Navigasi Ittipon “Yong” co-driver pertama kami tak pernah meleset. Sayang, ketika di trek lapangan luas yang jalanannya lembek, Toyota New Fortuner menghantam batu besar yang tertutup rerumputan. Akibatnya ban kiri pecah dan posisi braket swing arm bergeser,” cerita Katsuhiko Shiine co-driver kedua Takuma Aoki.
Leg5Auto9

Saat coba ganti ban ternyata ban baru tak bisa masuk. Untung ada peserta dari Kamboja 120  yaitu  Som Sokosal/Vorng Kimhouth membantu dengan menarik gardan dengan winch sehingga ban bisa kembali terpasang. Salut untuk peserta asal Kamboja kompetisi bukan segalanya. Saling tolong-menolong adalah di atas segalanya. Itulah spirit khas anak adventure. Akibat kejadian ini Takuma Aoki pun tertinggal dari peserta lain. Ternyata halangan di SS5 belum berhenti. Akibat sudah dilalui beberapa peserta trek berlumpur yang tadinya mudah dilewati jadi susah sekali. “Terpaksa kami harus memasang winch depan agar bisa lolos dari trek lumpur,” kata Shiine – co-driver kedua Takuma Aoki yang murah senyum.

Leg5Auto13

Selisih waktu dengan peserta di urutan pertama pun makin bertambah jauh. Takuma Aoki finish SS5 di urutan 12. Untuk pertama kalinya Takuma finish di posisi di luar 10 besar. Usai finish SS5 untuk pertama kalinya pula tim kru Takuma-GP yang dikomandoi Yujiro Nakano bekerja keras untuk melakukan perbaikan. Hari ini SS6 jaraknya paling pendek sekitar 80 km. Peserta AXCR akan menempuh rute Klong Phai – Hua Lam. Finish SS6 berada di lokasi yang sama yaitu di Ayuthaya Historic Park. Apakah Takuma bisa memperbaiki posisinya? Kita tunggu performa Toyota New Fortuner di SS terakhir ini.

Salam #goffroad

Leg5Auto11

Leg5-auto1

Leg1-5-auto

Tunggul Birawa Editor In chief