AXCR 2017: SS Terpanjang dan Bertemu Lumpur AXCR 2017: SS Terpanjang dan Bertemu Lumpur
Memasuki Leg-4, Rute Asia Cross Country Rally (AXCR) 2017 bergeser ke daerah lebih tinggi dan memiliki curah hujan lebih tinggi juga. Cuaca memang tak... AXCR 2017: SS Terpanjang dan Bertemu Lumpur

banner live2

leg4auto18

Memasuki Leg-4, Rute Asia Cross Country Rally (AXCR) 2017 bergeser ke daerah lebih tinggi dan memiliki curah hujan lebih tinggi juga. Cuaca memang tak sepanas di Kanchanaburi dan di daerah Nakhonsawan menurut obrolan dengan press driver kami, Chaiwat Seehawong, memang lebih sering turun hujan. Dan benar saja ketika kami sampai di Grandhill Resort tempat seluruh peserta menginap, hujan turun lumayan deras. Bahkan hingga start dimulai dari halaman Grandhill Resort menuju PC Stop SS4 hujan gerimis masih turun. Meskipun sinar matahari tetap terasa sengatannya.

leg4auto2

leg4auto5

Ketika sampai PC Stop SS4 yang berjarak kurang lebih 95 km, cuaca sudah berubah terang. Sengatan matahari mulai terasa lagi pedih di kulit. Cuaca yang kerap berubah pun rupanya sudah diantisipasi oleh Takuma Aoki – driver Toyota New Fortuner milik TRD Indonesia – TTI. “Kemungkinan besar saya akan sering ketemu trek lumpur. Karena menurut route book AXCR rute SS ini akan lebih terbuka dan melintasi perkebunan tebu. Strategi saya mencoba mengemudi dengan stabil dan berharap tak perlu memakai winch ketika melewati tanah berlumpur,” kata Takuma Aoki.

leg4auto12

Dan benar saja di beberapa spot yang dilewati berdasarkan route book AXCR  terdapat trek berlumpur akibat hujan lebat yang turun nyaris sepanjang malam. Berdasarkan rekaman dari kamera kecil yang dipasang di Toyota New Fortuner, Takuma Aoki piawai memanfaatkan kelebihan performa Toyota New Fortuner bermesin diesel 2.8 L matik melewati handicap lumpur yang ada.

leg4auto14

leg4auto9“Sayang sekali di bagian awal SS4 kami lagi-lagi kehilangan arah. Dan ini memakan waktu cukup lama sebelum akhirnya bisa kembali ke jalur route book AXCR. Di bagian kedua setelah istirahat sejenak kami coba mengejar ketertinggalan,” kata Takuma Aoki. Jika melihat peringkat di SS4 – Takuma Aoki harus puas di urutan sembilan. Namun untuk total perolehan waktu SS1 sampai SS4 – driver Toyota New Fortuner TRD Indonesia – TTI ini masih tetap berada di peringkat 4 besar. Hanya saja selisih waktu dengan peringkat pertama menjadi lebih lebar sekitar 1 jam.

leg4auto10

Memang agak disayangkan, karena kondisi Toyota New Fortuner sebenarnya selalu siap tempur dan siap digeber di segala kondisi trek. Namun akibat kesusahan menemukan jalur sesuai route book 2017 perolehan waktu yang dicapai jadi tidak sesuai harapan. “Saya suka sekali dengan perfoma mesin maupun suspensi Toyota New Fortuner. Ini yang selalu bikin saya percaya diri setiap menjalani SS. Semoga di SS 5 nanti saya bisa mengejar ketertinggalan,” kata Takuma. Memang dalam ajang AXCR semua masih bisa berubah meskipun di SS terakhir sekalipun. Ayo tetap semangat Takuma!

Salam #goffroad

leg4auto1

total-SS1-SS4-auto-1b total-SS1-SS4-auto-2b

Tunggul Birawa Editor In chief