Seputar MEX 2017, Tips Menikmati Expedisi Panjang Ala Tim Tarantula Seputar MEX 2017, Tips Menikmati Expedisi Panjang Ala Tim Tarantula
Meratus Expedition (MEX) 2017 memang sudah hampir 2 bulan usai. Tapi kami masih menyimpan banyak cerita menarik yang layak disimak pembaca setia goffroad.com. Misalnya... Seputar MEX 2017, Tips Menikmati Expedisi Panjang Ala Tim Tarantula

tarantula1

Meratus Expedition (MEX) 2017 memang sudah hampir 2 bulan usai. Tapi kami masih menyimpan banyak cerita menarik yang layak disimak pembaca setia goffroad.com. Misalnya saja kali ini kami mengangkat tips yang diberikan Tim Tarantula selama mengikuti MEX 2017. Bisa dikatakan tim ini mempunyai jurus ampuh sehingga enjoy dan happy selama 16 hari expedisi berlangsung.

Menurut Yuri Kusweri ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan supaya perjalanan jadi menyenangkan. Pertama siapkan mobil secara maksimal. “Gue bahkan 2 bulan sebelum MEX mobil dah siap, bahkan karena bingung mobil dah siap tapi MEX belum mulai ya turun mesin lagi untuk memastikan semuanya ok,” ungkap Yuri.

Selain itu 3 mobil di tim ini yang terdiri dariToyota HiLx dan  Suzuki Vitara diberi ‘vitamin’ tambahan. Semua mobil dilengkapi dengan aksesori volt stabilizer, Nano Air, Nano Fuel yang semuanya merupakan produk dari Qmax (dibaca, kiu-meks).

tarantula5

Pemasangan volt stabilizer untuk perjalanan seperti ini sangat penting. “Tarikan mesin lebih mantap setelah pasang Qmax,” kata Dicky Sulaeman, anggota Tarantula lainnya. MEX memang menuntut kelistrikan bagus karena akan sering nge-winch dan lampu-lampu ketika harus jalan malam. Ternyata dengan pemasangan produk dari Qmax ini ketiga mobil ini tak ada masalah yang berarti selama MEX 2017. Bagaimana kerja dan detail produk-produk tadi akan kami hadirkan dalam tulisan yang berbeda.

Jika mobil sudah siap maka Yuri menjelaskan perlunya memilih kru yang sepaham. “Lebih baik pilih navigator yang juga bisa merangkap sebagai mekanik,” ungkapnya. Yuri mencontohkan kalau dia dan navigatornya sudah lebih dari 5 tahun offroad bersama. Sehingga komunikasi jadi lebih lancar. Ingat, ekspedisi panjang dengan jalur berat seperti ini akan sangat menguras mental. Jika tak sepaham bisa-bisa bentrok antar anggota tim.

tarantula4

Selanjutnya hitung perbekalan dengan cermat. Ketika dilakukan undian tim memasuki trek MEX, Tim Tarantula mendapat undian menjadi tim ketiga dari belakang. Sadar akan banyak berhenti akibat menunggu tim di depan, mereka membeli perbekalan jauh lebih banyak. Mulai cemilan, minuman, sampai beras. “Kami membawa 40 kg beras serta 6 boks air mineral di setiap mobil,” cerita Yuri. Lauk yang tahan lama seperti gudeg, rendang, abon pun tak ketinggalan.

Selain itu mereka membeli meja lipat, kursi lipat, tenda, gaple, domino, kartu remi dan hal-hal keperluan lainnya. Artinya sebelum start pun tim ini sudah siap akan sering bermalam di jalur MEX. Karena itu semuanya harus disiapkan

tarantula3

Ternyata prediksi mereka terbukti. Pernah ditinggal sampai 3 hari oleh tim di depan dan itu disengaja, eh baru jalan beberapa jam ketemu lagi dengan buntut rombongan. “Kami daripada tertahan yang bikin gelisah mending buka tenda dan ditinggal lama dari tim di depan kami. Setelah ditinggal lama baru kami jalan lagi. Semua anggota Tarantula enjoy aja,” ungkap Yuri lagi.

Nah buat yang akan melakukan expedisi panjang atau MEX 2018, siapkan semua hal tadi dengan baik. Mobil, anggota tim, mental, dan jangan lupakan perbekalan. Dengan jiwa offroad dan semangat petualang dijamin perjalanan akan menyenangkan. Salam #goffroad.

banner qmax

 

nurfil aiman Managing Editor