Seputar MEX 2017, Dari 52 Motor Cuma 4 Yang Masuk Finish, 1 Sempat Hilang Seputar MEX 2017, Dari 52 Motor Cuma 4 Yang Masuk Finish, 1 Sempat Hilang
Meratus Expedition (MEX) 2017 tidak hanya diikuti oleh para offroader bermobil 4×4. Pelaksanaan kali ini juga diikuti penunggang dirtbike (trail) yang juga akan mengambil... Seputar MEX 2017, Dari 52 Motor Cuma 4 Yang Masuk Finish, 1 Sempat Hilang

db54

Meratus Expedition (MEX) 2017 tidak hanya diikuti oleh para offroader bermobil 4×4. Pelaksanaan kali ini juga diikuti penunggang dirtbike (trail) yang juga akan mengambil jalur seperti offroader mobil. Perkiraan awal para rider rute yang dilalui kali ini akan lebih ‘mudah’ melewati kejamnya trek MEX 2017.  Bahkan jarak tempuh rute dirt bike ini lebih jauh, hampir 2 kali lipatnya rute mobil (sekitar 250 km). Ternyata faktanya berkata beda.

db38

db56

Peserta motor memulai expedisi 9 hari setelah rombongan mobil dilepas. Tepatnya pada tanggal 17 April. Mereka membuat rute sendiri dan kemudian akan melewati jalur yang sama dengan mobil. Sehingga dengan pemikiran awal bahwa motor lebih gampang melewati trek maka nantinya akan finish bersama di Lapangan Golf, Batu Licin pada 22 April.

db3(OK)

db61

Ternyata pada saat malam pesta para finisher, hanya 4 motor yang sampai. Bahkan Leader MEX 2017 Syamsir Alam mengatakan bahwa keesokan harinya (23/4) masih harus mengevakuasi belasan motor yang ‘tertanam’ di dalam trek.  Bersama Hariono SBM yang juga salah satu penanggungjawab MEX 2017 skenario evakuasi segera dirancang. Selain alat berat sebanyak 3 truk juga disiapkan untuk mengangkut motor trail. Setidaknya ada 13 motor trail tersangkut di BC 7 dan 19 motor trail tertumpuk di BC 9. Padahal sebelumnya di BC 9 ini sudah sedikit diratakan oleh alat berat untuk mengeluarkan beberapa mobil yang masing terjebak di tanjakan super ekstrem dengan karakter tanah yang super lengket juga.

db9-(OK)

db31

Lo, motor trailnya tertanam? Memang seperti itulah kondisinya. Apabila hujan deras turun, meskipun licin trek yang dilewati sedikit bersahabat. Tapi begitu setengah kering karena disinari teriknya matahari, maka tanahnya berubah jadi lengket seolah menahan ban motor trail bergerak maju. Tak heran bikin sebagian motor trail benar-benar tertancap dan susah diangkat.  Ganasnya sebagian trek ini bisa dilihat langsung dari foto-foto yang dikirim Bro Danu – The Best Rider MEX 2017 dan  Agung – Team Bekantan.

db40(ok)

Diantara 4 motor yang bergabung dengan offroader mobil ternyata ada juga Bro Wisnu. Pria berbadan gempal inilah yang sempat dinyatakan hilang. Goffroad.com mendapat cerita langsung dari Bro Wisnu. Berdasarkan penuturannya dia hilang di track 02 saat masuk bersama Teddy dan Eggy. “Memang aku yang salah karena tak mengikuti aturan. Begitu tertinggal dari 2 rider yang di depan mestinya aku back track atau menunggu rombongan. Tapi karena aku pikir aman.. aku putuskan untuk maju terus mengejar yang di depan,” bilang Bro Wisnu.

db42

db48

Mulanya perjalanannya aman saja. Tapi sampai di sebuah jembatan kecil yang ada lubangnya petaka terjadi. Motor Bro Wisnu terjatuh. “Badanku tertindih motor dan susah meloloskan diri. Hampir 3 jam aku ngumpulin tenaga agar badanku bisa lolos dari motor yang menindihku. Akhirnya aku bisa terbebas dari beratnya motor, beruntung tak ada cedera berarti. Karena sudah malam aku putuskan untuk ngecamp (bermalam .red) di bawah bersama motorku.  Besok pagi baru naik ke atas dan jalan kaki mencari bantuan penduduk dari desa terdekat,” lanjut Bro Wisnu.

db59

db43(ok)

Wah, kebayang juga seremnya tuh. Suasana gelap gulita, dengan penerangan seadanya dan terpaksa tidur di lokasi yang tidak semestinya untuk camping. Beruntung malam itu dilalui Bro Wisnu tanpa ada “gangguan” yang berarti. Begitu terang ia pun merangkak naik dan berjalan kembali ke arah dia datang (back track) dan mencari desa terdekat. Kurang lebih dia berjalan 7 km sebelum akhirnya bertemu ada 8 rumah penduduk. Ternyata tak ada satu pun orang yang ada di rumah. Karena kebanyakan bertani maka mereka semua sedang pergi ke ladang.  Sinyal handphone masih tidak ada sehingga ia belum bisa menghubungi teman-teman lainnya.

db23(ok)

db6

Ketika menjelang sore barulah penduduk desa kecil itu berdatangan. Bro Wisnu pun diberi makan dan minum. Sembari makan ia pun meminta bantuan penduduk desa itu untuk menaikkan motornya dari bawah jembatan dimana dia terjatuh. “Tapi penduduk desa ini tak mau membantu jika aku tidak menginap di rumah mereka. Mereka berjanji besok pagi baru dibantu. Wah, kalau harus menginap pasti makin panik nih teman-temanku,” kata Bro Wisnu. Dan memang benar, rombongan dirtbike pun mengutus 10 rider untuk mencari keberadaan Bro Wisnu. Dengan terpaksa Bro Wisnu pun menginap satu malam lagi di rumah penduduk desa itu. Besok paginya barulah motor trail yang dikendarainya bisa dinaikan lagi ke atas. Ternyata menurut cerita penduduk desa yang menolongnya di lokasi tempat dia terjatuh sudah banyak sekali yang mati. Jarang sekali ada yang selamat ketika jatuh dari jembatan itu. Oh… pantesan saja mereka tak mau menolong ketika hari mulai gelap. Sungguh beruntung juga nasib Bro Wisnu karena tak lama begitu motor trailnya bisa dinaikan ia bisa bertemu 10 rider yang memang bertugas mencarinya. Pelajaran yang mahal harganya nih! Kalau ingin main trailnya asyik jangan pernah melanggar aturan yang disepakati. Oke Bro!

db35

Salam #goffroad

Foto-foto : Danu, Agung

db47

db37

db49

db50

db51

db55

nurfil aiman Managing Editor