Seputar MEX 2017, Hanya 14 Mobil Yang Lewati Semua Trek MEX Seputar MEX 2017, Hanya 14 Mobil Yang Lewati Semua Trek MEX
Pada Sabtu (22/4) kemarin, Meratus Expedition (MEX) 2017 usai sudah. Bertempat di Golf Course Batulicin pada hari itu hingga tengah malam dilaksanakan pesta penutupan... Seputar MEX 2017, Hanya 14 Mobil Yang Lewati Semua Trek MEX

closing15

Pada Sabtu (22/4) kemarin, Meratus Expedition (MEX) 2017 usai sudah. Bertempat di Golf Course Batulicin pada hari itu hingga tengah malam dilaksanakan pesta penutupan event disertai penyerahan award / penghargaan buat mereka yang terlibat dalam MEX 2017.

closing8

closing34-(OK)

Pada kesempatan itu Syamsir Alam menjelaskan bahwa hanya 14 mobil termasuk dirinya selaku leader yang benar-benar menjalani seluruh trek MEX 2017. Saat dilepas di awal perjalanan tercatat lebih dari 100 mobil. Setelah base camp (BC) 3 tersisa 70 mobil saja.

closing7jpg-(ok)

“Tidak semua menjalani trek karena berbagai alasan. Ada yang mobil rusak dan ada juga karena bagian akhir trek saya tutup. Karena jika dipaksakan maka tidak akan bisa acara penutupan kumpul seperti malam ini,” kata Syamsir.

Memang beberapa mobil di bagian belakang terpaksa dikeluarkan dari trek karena jika dipaksakan terus maka jadwal finish akan molor. Bisa – bisa malah bulan depan baru finish karena kondisi trek berubah jadi super hardcore.

closing40

Antara BC 9 tempat ditutupnya trek untuk mobil di belakang sampai finish, medan yang dilalui sangat berat. Tanjakan thousand miles dan tanjakan SBM bikin putus asa karena mobil harus pindah winching point berkali-kali. Tentu saja tidak gampang untuk mampu melewati jalur seperti ini. Ditambah lagi jenis tanah di Pegunungan Meratus super lengket usai diguyur hujan deras dan kondisinya setengah kering. Akibatnya winch mobil pun bekerja ekstra berat. Untuk memudahkan evakuasi peserta dari BC 9 alat berat pun difungsikan untuk meratakan trek agar mudah dilalui.

closing39

Akhirnya dengan strategi buka-tutup trek yang diterapkan maka semua mobil peserta MEX2017 bisa berkumpul bersama di lokasi penutupan. Sehingga acaranya pun bisa berlangsung dengan meriah.

closing14-(OK)

“Kita dari BC 9 sampai finish memang sudah di luar trek, jalurnya hanya jalan biasa saja. Sayang sebenarnya kami tidak merasakan total trek,” ungkap Yuri Kusweri dari Tim Tarantula yang terpaksa keluar jalur karena trek sudah ditutup oleh Leader MEX 2017. Tapi keputusan Leader untuk menutup trek dapat dimaklumi peserta MEX 2017.

closing26-(OK)

Pada malam pesta penutupan juga diberikan sejumlah penghargaan. Diantaranya The Best Tim yang diraih Tim Leopard, The most damage car – Bas Basri, The Best Co-driver – Ricky, Jungle Man Award – Alpian Piuk, dan masih ada lagi penghargaan lainnya. Sayangnya 50 peserta Dirt Bike tak semuanya bisa bergabung. Hanya 4 rider saja yang ikut bergabung dengan para offroader. Menurut Hariono – salah satu penanggungjawab MEX 2017 sebagian besar peserta dirt bike masih nyangkut di BC 7 dan BC 9. “Besok (Minggu, 23/4) semua peserta motor akan dievakuasi,” tutup Hariono. Bravo MEX 2017!

closing21(OK)

closing31(OK)

Salam #goffroad

nurfil aiman Managing Editor