Bergaya Dengan Trail Tua Yamaha Bergaya Dengan Trail Tua Yamaha
Belakangan ini, minat terhadap trail-trail tua kembali menguat. Salah satu model / type yang lagi banyak diburu adalah Yamaha DT. DT sendiri merupakan line... Bergaya Dengan Trail Tua Yamaha

dt4

Belakangan ini, minat terhadap trail-trail tua kembali menguat. Salah satu model / type yang lagi banyak diburu adalah Yamaha DT. DT sendiri merupakan line up trail dari Yamaha yang sangat beragam. Mulai dari yang kapasitas mesin 50cc sampai 400cc. Tapi yang tengah hangat saat ini adalah DT 100. Nah apa sih serunya trail tua satu ini.

Menurut Topo Goedhel dari bengkel Tauco Cstom di bilangan Tanah Baru, Depok, DT 100 mempunyai banyak keunggulan. Pria satu ini saat ini memang tengah ‘membangun’ beberapa unit DT 100 dari para customernya.

Keunggulan pertama adalah pada bagian frame yang sudah trail banget dengan tipe double cradle. Ratio giginya yang rapat juga menunjang ketika diajak bermain offroad. Selain itu karena 2-tak maka upgrade kemampuan mesin juga gampang. “Knalpot juga unik karena melintang di tengah rangka dan posisi silencer di sebalah kiri,” terang Topo.

dt1

Untuk urusan tampilan bodi juga paling simpel dibandingkan trail tua lainnya. Harga spare partnya juga tergolong murah sehingga ramah di kantong. Ini sepertinya memang sudah menjadi ciri produk Yamaha.

Tapi perlu juga nih disimak kelemahan dari DT 100 ini. Sektor kaki-kaki paling disorot. Karena sudah lawas maka untuk pemakaian offroad saat ini ada baiknya diganti. Misalnya sok depan pakai punya Klx 150 yang lebih baru. Sedangkan dua sok di belakang silakan ganti dengan produk after market saja.

Untuk mesin yang masih 100cc, mungkin bisa diupgare dengan pembesaran silinder, sistem pengapian diganti, karburator dan knalpotnya juga diganti. Dengan ubahan ini saja dijamin tenaga baru akan lebih memuaskan. Rem depan ada baiknya juga diganti dengan tipe disc agar lebih mumpuni.

dt5

Oh ya perlu juga nih disimak beberapa ciri unik dari DT. Pertama adalah jok yang berengsel dan dibuka ke samping. Di bagian dalamnya ada bagasi kecil untuk tool kit dan tempat oli samping. “Fungsional banget karena nggak perlu obeng atau bongkar bodi untuk mengisi oli samping,” lanjut pria asal Jawa Tengah ini.

Juga tersedianya bagasi / behel belakang. Ini berguna saat membawa barang bawaan atau menjadi pegangan ketika menggeser posisi motor. Tangki standar juga unik karena terbuat dari besi. Tutup tangkinya juga unik karena menggunakan anak kunci jadi aman ketika hujan atau tercebur air dibandingkan tutup tangki berulir.

Satu lagi nih yang menarik yaitu pada desain lengan ayunnya. Swing arm DT bulat dan kekar. Hal ini membuat dudukan sok lebih presisi dan kuat. “Pemasangannya juga jadi simple,” kata Topo.

Nah jika naksir kemana saja sih kita bisa mencari trail tua seperti ini. Pertama adalah ke daerah yang dekat dengan wilayah Perhutani atau perkebunan. Maklum saja trail tua seperti ini dulu menjadi kendaraan operasional mereka. Bisa juga dengan mencari lewat para kolektor. Tapi jika melewati mereka ini pasti harga sudah sedikit lebih tinggi.

dt6

Oh ya, pasaran rata-rata dengan kondisi bisa jalan Yamaha DT 100 ini dilepas dengan harga Rp 5 juta. Ayo silakan berburu jika tergoda, lewat forum-forum atau toko online di dunia maya juga bisa menemukan trail ini.

Mari kita bergaya dengan trail tua Yamaha. Ngumpul dengan pengguna trail lainnya nggak bakal malu kok.

 Salam #goffroad

 

nurfil aiman Managing Editor