Steelo Resmi Jadi Milik Tim JRT Steelo Resmi Jadi Milik Tim JRT
Keseriusan Jhonlin Racing Team (JRT) untuk mengembangkan dan memajukan dunia off-road Indonesia sudah ditunjukkan dalam beberapa hal. Bukan hanya dengan mensupport terselenggaranya berbagai event... Steelo Resmi Jadi Milik Tim JRT

steallo-jrt6

Keseriusan Jhonlin Racing Team (JRT) untuk mengembangkan dan memajukan dunia off-road Indonesia sudah ditunjukkan dalam beberapa hal. Bukan hanya dengan mensupport terselenggaranya berbagai event off-road Indonesia, tetapi juga membawa teknologi off-road terkini dari Amerika Serikat lengkap dengan mekanik-mekanik bule. Diharapkan transfer teknologi off-road pun jadi lebih mudah dan cepat.

leduc19-kompi

Malah di Workshop Batulicin – Kalimantan Selatan yang juga merupakan markas JRT kini sudah ada berbagai mesin canggih yang bisa membuat beragam komponen off-road. Mulai dari sasis, gardan, arm, beragam braket, as roda, gir dan sebagainya. “Kalau ada offroader yang mau bikin komponen untuk kompetisi saya bisa bantu kok,” bilang H Sam selaku owner JRT. Wah mantap tuh!

Untuk urusan event kompetisinya sendiri, owner JRT juga mengajak beberapa offroader tanah air melihat langsung kompetisi Lucas Oil Off-Road Racing Series 2016 (LOORS) putaran akhir. Tujuannya tentu saja agar para offroader bisa menimba pengalaman langsung dan juga menyamakan persepsi tentang event off-racing yang sesungguhnya. Sehingga ketika nanti membuat event yang sama (format LOORS .red) di tanah air para driver off-road racing di Indonesia sudah tidak kaget lagi dan bisa cepat menyesuaikan dengan aturan lombanya. “Suatu saat nanti di Indonesia juga harus bisa digelar event off-road racing seperti di Amerika. Supaya dunia off-road kita makin maju,” kata owner JRT.

steallo-jrt16-kompi

steallo-jrt13-kompi

Selain berkiprah di ajang off-road racing Indonesia (sebagai peserta dan juga sponsor event), JRT ternyata juga memiliki tim yang berlaga dalam Lucas Oil Off-Road Racing Series (LOORS) – USA. Driver andalan JRT untuk LOORS adalah Doug Mittag. Pada rangkaian LOORS 2016 yang sudah selesai bulan Oktober lalu, Mittag ikut serta 2 Kelas yaitu Kelas Pro 2 dan Kelas Pro 4. Namun sayang karena ada beberapa kendala, ketika final round LOORS 2016 yang digelar di Wild Horse Pass Motorsports Park – Arizona, performa Mittag tak maksimal. “Ada masalah dengan alternator. Selain itu desain trek juga diubah tak seperti lomba sebelumnya. Hanya sedikit bagian trek yang bisa dipakai menyalip lawan,” jelas Doug Mittag yang dalam balapan selalu ditemani ayah-ibu dan adiknya.

steallo-jrt14

Penasaran dengan prestasi Kyle LeDuc bersama “Steelo” tunggangannya, owner JRT mencoba melakukan pendekatan. Siapa tahu Steelo boleh dipinang. Ternyata gayung bersambut, karena Kyle LeDuc mengaku sedang mempersiapkan tunggangan barunya dan butuh dana untuk menyelesaikannya. Maka meskipun dengan berat hati, Steallo pun rela diserahkan pada JRT yang sudah meminangnya. “Aku memang sedang bikin mobil baru untuk balapan 2017 nanti,” kata Kyle LeDuc.

steallo-jrt4

Proses negosiasi pun dilakukan pada hari Minggu menjelang balapan yang mempertemukan Kelas Pro 2 dan Kelas Pro 4 dimulai. Secara bercanda owner JRT bilang,” Harus menang lagi dan mobil gak boleh rusak. Karena selesai balapan mobil langsung pindah paddock. Hehehe…” Kyle LeDuc pun menjawab,” Jangan kuatir. Kalau rusak saya perbaiki dulu. Hehehehe.” Dan ternyata permintaan owner JRT dijawab dengan tampil jadi pemenang pertarungan antara Kelas Pro 2 dan Pro 4. Plus tanpa bikin Steelo mengalami kerusakan berarti. Hanya body fibernya saja yang rusak dan ini adalah hal biasa.

Rombongan komunitas off-road yang diajak ikutserta menonton seri terakhir LOORS ikut jadi saksi proses negosiasi hingga kesepakatan berapa “mas kawin’ yang harus diserahkan agar tubular bernomor 99 segera berpindah paddock begitu lomba usai. Kebetulan posisi paddock JRT dan Team #99 Monster Energy bersebelahan hingga memudahkan dalam berkomunikasi. Mas kawin yang diminta LeDuc ternyata masih masuk akal untuk ukuran mobil pemegang juara berkali-kali. Berapa mas kawinnya? Sssst… rahasia! Hehehehe… Usai penyerahan mas kawin, Doug Mittag pun langsung memindahkan tubular bernomor 99 ke paddock JRT. Tahun 2017 nanti nomer 99 akan diganti dengan nomer 81 milik Mittag.

steallo-jrt7

Sebenarnya hari Sabtu malam usai balapan LOORS hari pertama, goffroad.com bersama Rifat Sungkar, TB Adhi, Erick Tamzil, Bimo Pradikto dan Wawan Dalbo sempat mampir ke paddock Kyle LeDuc. Kami berbincang cukup lama dengan Kyle mengenai banyak hal. “Mobil ini memang kuenceng banget! Driver-nya juga top!” komentar TB Adhi. Ternyata Kyle LeDuc memang sosok  yang ramah dan mau melayani obrolan bersama kami. Sama sekali tidak terpikir jika keesokan harinya mobil yang kami bincangkan akhirnya berpindah tempat ke paddock JRT.

Visi owner JRT yang memutuskan untuk meminang mobil jawara Kelas Pro 4 LOORS  milik Kyle LeDuc memang tepat. Karena begitu resmi berpindahtangan maka para mekanik JRT pun bebas mengulik berbagai hal yang membuat performa Steallo begitu prima selama 3 tahun berturut-turut. Pasti akan banyak yang bisa dipelajari. Malah spesifikasi tubular yang dipakai Mittag di Kelas Pro 4 minta disamakan. Langkah ini sekaligus sebagai persiapan jika Jhonny Saputra – sang anak sudah siap dan mampu berlaga di arena LOORS maka ia akan memiliki tunggangan yang kompetitif juga. Dimana seperti diketahui pertarungan di dalam trek LOORS khususnya Kelas Pro 4 cukup keras dan ketat.

steallo-jrt17

steallo-jrt3-kompi

Kini JRT sudah memiliki 2 tubular Kelas Pro 4 dan 1 tubular Kelas Pro 2. Lalu siapa saja yang akan memakai kendaraan itu pada LOORS? Menurut owner JRT bekas tunggangan Kyle LeDuc akan dipakai Doug Mittag. Sedangkan bekas tunggangan Mittag sesudah disamakan speknya dengan milik LeDuc masih belum ketahuan siapa drivernya. Termasuk untuk tubular Kelas Pro 2? (baca artikel: Kursi Panas Kelas Pro 4 Tim JRT di LOORS 2017).

Yang pasti kedepannya owner JRT akan memberikan kesempatan pada para driver Merah-Putih untuk bisa duduk di salah satu tubular miliknya. “Harus dites dan dicoba dulu. Jangan sampai malu-maluin ketika ikut LOORS 2017 nanti. Kan bawa bendera Merah-Putih lo,” tegas owner JRT. Nah, ayo siapa yang berminat? Hehehe…

Salam #goffroad

steallo-jrt18

Tunggul Birawa Editor In chief