Kisah Kyle LeDuc dan Steelo Kesayangannya Kisah Kyle LeDuc dan Steelo Kesayangannya
Prestasi Kyle LeDuc di ajang Lucas Oil Off-Racing Series (LOORS) rasanya tak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak? Pria berusia 35 tahun ini sudah... Kisah Kyle LeDuc dan Steelo Kesayangannya

leduc13

Prestasi Kyle LeDuc di ajang Lucas Oil Off-Racing Series (LOORS) rasanya tak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak? Pria berusia 35 tahun ini sudah 4 kali  selalu tampil jadi juara 1 di Kelas Pro 4 LOORS. Kemenangan pertama diraihnya pada tahun 2012. Selanjutnya pada LOORS 2013, LeDuc harus puas jadi runner up di bawah Carl Renezeder yang tampil jadi juara pertama. Namun sesudah itu mulai LOORS 2014, 2015 dan terakhir 2016, LeDuc tampil perkasa dan selalu naik podium pertama di Kelas Pro 4. Mantap!

leduc9-kompilasi

leduc6

Perlu diketahui Kelas Pro 4 adalah kelas paling bergengsi di arena LOORS. Spesifikasi kendaraan yang dipakai di kelas ini adalah kendaraan full size truck modifikasi dengan dilengkapi penggerak empat roda (4 Wheeldrive .red). Sedangkan mesin yang digunakan adalah mesin V8 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 900 hp.  Di Kelas ini terdapat nama-nama driver papan atas Amerika seperti misalnya Carl Renezeder, Rob MacCachren, Greg Adler, Bryce Menzies, Doug Mittag dan sebagainya.

“Aku membangun sendiri mobil ini dari nol. Dan mobil ini hampir tak pernah mengecewakanku karena selalu maksimal performanya ketika di trek,” kata LeDuc yang dijumpai goffroad.com di paddocknya di sela-sela gelaran seri terakhir LOORS 2016 di trek  Wild Horse Pass Motorsports Park – Chandler, Arizona- USA akhir 22- 23 Oktober lalu. Tak heran LeDuc sangat paham setiap detil kendaraan andalannya yang selalu membawa jadi juara pertama di kelas Pro 4.

leduc2

leduc25-kompi

Berkat dukungan keluarga, kru dan mekanik Team #99 Monster Energy (tim Kyle LeDuc .red) yang solid makin membuat tubular bermesin Ford V8 selalu bisa maksimal performanya. Ketika melihat langsung aksi LeDuc memang hampir tak pernah terlihat tunggangan LeDuc mengalami kendala berarti. Selama 14 Lap di hari pertama (Sabtu) dan 18 Lap di hari kedua (Minggu), tunggangan andalan LeDuc selalu mampu digeber maksimal.

leduc20

Darah balap LeDuc memang diwariskan dari Curt LeDuc – Sang Ayah yang juga seorang pebalap off-road papan atas di jamannya. Tod LeDuc – kakaknya adalah juga seorang pebalap off-road yang juga punya prestasi mengilap. “Sejak kecil aku memang dibesarkan di keluarga yang sangat menyukai dunia off-road racing. Ayahku hampir selalu mengajakku ketika balapan. Jadi pebalap off-road profesional adalah impian sejak kecil,” kata andalan Team #99 Monster Energy ini. Bakat yang dimiliki ditambah mentor yang berpengalaman membuat gaya balap Kyle LeDuc jadi makin terasah, lebih agresif namun sangat efesien di hampir semua sudut trek.

leduc8

Ketika mengikuti LOORS di babak kualifikasi hampir tak pernah Kyle LeDuc berada di urutan pertama. Namun ketika race berlangsung LeDuc akan menerkam satu persatu lawan-lawannya dari belakang. Seperti yang terjadi pada putaran final LOORS 2016 di Wild Horse – Arizona. Ketika hari pertama seri pamungkas LOORS 2016 digelar menjelang 2 lap akhir, LeDuc berhasil mencuri kemenangan yang tadinya sempat dikuasai Carl Renezeder.

Begitu LeDuc berhasil menyalip Renezeder di tikungan usai melewati table top (jumpingan .red) bersebelahan, maka peluang Renezeder juara pertama Kelas Pro4 LOORS 2016 pun langsung ikut ‘terbang’. Karena LeDuc langsung melejit begitu keluar tikungan dan susah dikejar. “Makanya aku namai mobilku ‘Steelo’ karena selalu bisa mencuri kemenangan lawan di lap-lap terakhir,” kata Ayah 2 anak ini.

leduc1

leduc22-kompilasi

Saat pertarungan tambahan di hari kedua (Minggu) yang mempertemukan peserta di Kelas Pro 2 dan Pro 4, kemampuan mengemudi LeDuc jadi makin terlihat. Memulai start berada di urutan tengah begitu bendera start dikibaskan satu persatu lawan pun dilewati. Hampir selalu mengambil racing line paling dalam ketika masuk tikungan adalah ciri khas gaya balap LeDuc.  Di sini terlihat sekali bahwa antara driver dan tunggangannya sangat menyatu.

leduc12

Mobil LeDuc sangat ‘patuh’ sekali mengikuti manuver yang dilakukan sang driver. Masuk tikungan cepat keluarnya pun bisa langsung melesat. Di setiap jumpingan pun selalu di gaspol. Menyaksikan langsung aksi LeDuc bertarung di arena LOORS dari dekat sungguh membuat adrenalin ikut terpompa naik. Tak heran jika LeDuc selama tiga tahun berturut-turut susah sekali dikalahkan. Good Job Kyle LeDuc!

Salam #goffroad

leduc7

leduc16

Tunggul Birawa Editor In chief