Melihat Persiapan Tim Indonesia Untuk AXCR 2016 Thailand – Kamboja Melihat Persiapan Tim Indonesia Untuk AXCR 2016 Thailand – Kamboja
Event Asia X Country Rally (AXCR) 2016 mulai start pada 13 Agustus 2016 di Pattaya, Thailand. Dua rider Indonesia yang akan ikut ambil bagian... Melihat Persiapan Tim Indonesia Untuk AXCR 2016 Thailand – Kamboja

persiapan3

Event Asia X Country Rally (AXCR) 2016 mulai start pada 13 Agustus 2016 di Pattaya, Thailand. Dua rider Indonesia yang akan ikut ambil bagian yaitu Kadex Ramayadi dan Rudy Poa terus melakukan persiapan. Goffroad.com beberapa hari kemarin sempat melihat langsung berbagai persiapan yang tengah mereka lakukan.  Atur strategi, pelajari navigasi, sampai latihan fisik langsung di motor.

Bro Kadex yang sehari-hari bermukim di Ubud Bali, sengaja pada hari Kamis kemarin (21/7) datang ke Jakarta untuk persiapan ini. “Kita harus semakin intens berkoordinasi dan mempersiapkan segalanya,” kata Bro Kadex. Berkumpul di markas Bro Rudy di Karya Indah Motor (KIM) di bilangan Senen, Jakarta Pusat sejumlah strategi dirundingkan.

Mulai dari trik mengatasi kemungkinan kehabisan bensin. persiapan6“Saya akan menggunakan tangki bensin tambahan supaya aman,” kata Rudy. Hal itu karena motor yang akan digunakan Rudy masih menggunakan tangki standar sedangkan motor Kadex bagian tangkinya sudah dimodifikasi. Tempat bensin tambahan yang akan digunakan Rudy berupa kantong yang diikatkan di jok. Kantong ini dijamin aman karena sudah mendapat standarisasi internasional.

Mereka berdua juga mulai belajar tentang peta tulip. Memang di event ini tiap peserta hanya dimodali peta tulip untuk masuk ke jalur. Tidak diperkenankan menggunakan GPS. Peta tulip tadi dipasang di motor. “Perlu koordinasi yang baik dalam membaca peta dan odometer di motor. Kalau nggak match bisa nyasar deh,” kata Rudy.

persiapan1

Selain itu mereka juga terus melihat rekaman video event tahun lalu. “Bisa dipastikan jika bingung di jalan bercabang, jangan pilih jalan yang nggak mungkin dilewati mobil. Sebab jalur motor dan mobil sama,” tambah Rudy. Sedangkan kontur trek seperti tanah dan rintangan lainnya sama saja dengan medan offroad yang ada di Indonesia. Maklum masih sama-sama di kawasan Asia Tenggara.

“Terus terang masalah navigasi ini yang menjadi sedikit hal yang saya khawatirkan. Jangan sampai waktu melorot tajam karena salah baca,” ungkap Kadex.  Setiap peserta baru akan menerima peta jalur ini di malam sebelum tiap etape dimulai. Jadi paham membaca tulip ini memang sangat penting.

persiapan2

Koordinasi saling bantu jika salah satu dari mereka mengalami trouble di jalur juga dibahas. Kondisi seperti apa bisa saling tolong menolong atau kondisi bagaimana harus ‘rela’ meninggalkan teman. Posisi rider utama ada pada Kadex dan Rudy sebagai rider kedua.

Tak hanya itu, latihan pemantapan fisik di motor juga mereka lakukan bersama. Pada hari Jumat (22/7) trek offroad di BSD, Tangsel mereka pilih sebagai tempat latihan. Khusus untuk Rudy latihan dengan menggunakan Husqvarna memang sangat diperlukan. “Kalau KTM saya sudah paham banget, nah karena nanti di Thailand pakai Husqvarna maka sekarang perlu lebih ‘pengenalan’ lagi,” kekehnya. Sementara bagi Kadex, Husqvarna sudah ‘makanan’ sehari-hari. Bahkan Kadex menjadi brand ambassador Husqvarna di Indonesia.

Sayang latihan hanya bisa berlangsung setengah hari karena mendadak kawasan BSD diguyur hujan dengan intensitas lumayan. Tapi latihan kali ini dirasa sudah cukup.

Menjelang keberangkatan ke Thailand pada 10 Agustus nanti, baik Kadex dan Rudy masih terus berbenah. Mari kita dukung mereka supaya pulang dengan hasil terbaik. Dukungan bisa disampaikan juga di group Facebook GO indONEsia yang dibuat mereka. Pantau terus juga perkembangan dan update mereka di goffroad.com. Salam #goffroad.

persiapan4

nurfil aiman Managing Editor